Program Kegiatan Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung


Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran



Program Kegiatan

Perpustakaan adalah wahana sebagai pusat pembelajaran atau center of learning, dituntut memenuhi standar yang diharapkan, yaitu dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan berbasis student centered learning dan nantinya perpustakaan diharapkan menjadi acuan bagi program Dikti menuju World Class University.

Pembenahan yang harus dilakukan oleh perpustakaan sebagai sebuah sumber pembelajaran antara lain ;

  • Sosialisasi mengenai redefinisi visi dan misi perpustakaan sebagai pedoman dasar proses pembelajaran berbasis student centered learning
  • Perpustakaan sebagai wahana yang mempu memotivasi dan melahirkan budaya gemar membaca bagi sivitas akademika dan masyarakat umum
  • Perpustakaan sebagai organisasi publik harus akuntabilitas (Accountable Library) sehingga harus menyiapkan Standart Operating Procedure (SOP) berkaitan dengan syarat mutu perpustakaan sebagai organisasi publik yang layak untuk dinilai akuntabilitasnya. SOP sendiri nantinya diharapkan menjadi acuan bagi top manajemen perpustakaan untuk menilai kinerja pustakawan atau pekerja di perpustakaan dalam meningkatkan standar mutu SDM
  • Pengelolaan perpustakaan harus melakukan pengembangan sistem dan fasilitas yang sesuai perkembangan teknologi berbasis perkembangan Information and Communication Technologies (ICTs) yang berlangsung sangat cepat sehingga mampu mendukung tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat perkembangan teknologi Information and Communication Technologies (ICTs) maka dimasa mendatang perpustakaan akan menuju perpustakaan digital (e-books, e-jurnal, e-learning) tidak sekedar masalah manual dan outomasi. 

Penyediaan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi tinggi (internet dan intranet) juga sangat membantu para student dalam proses pembelajaran mandiri, dimana proses pembelajaran mereka tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga saat ini yang mereka butuhkan adalah perpustakaan dengan era digital atau e-library. Pembenahan berikutnya menyiapkan perpustakaan menuju World Class Library. Meskipun belum ada wacana mengenai perpustakaan bertaraf internasional akan tetapi sebagai syarat fundamental dari sebuah perguruan tinggi bertaraf internasional salah satunya mempunyai standar perpustakaan kelas dunia. Siap atau tidak perpustakaan dituntut mempunyai benchmark terhadap peer group atau dalam kamus yang lebih mudah siap dibandingkan dan dinilai dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya

Pusat perpustakaan Politeknik Negeri Lampung, sejak tahun 2010 sedang menyiapkan sarana prasarana pendukung dalam rangka memenuhi tuntutan sebagai pusat pembelajaran bagi mahasiswa dengan membangun website dan sistem jaringan internet dan intranet

Pusat Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung, sampai tahun 2010 ini mengelola bahan pustaka berupa buku sebanyak 3. 497 judul dengan jumlah 1.6811 eksemplar. Koleksi tersebut terdiri dari buku wajib untuk dipinjamkan, buku tandon, dan buku-buku referensi. Selain koleksi tersebut tersedia pula koleksi: Majalah, Surat Kabar, Laporan PKL, Laporan PUM, Laporan Tugas Akhir, Skripsi, Thesis (dosen), yang kesemuanya dapat ditelusuri melalui OPAC (Online Public Access Catalog).