Kata Pengantar


PROFIL PUSAT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG



Pusat Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung merupakan unit pelaksana teknis (UPT) di Politeknik Negeri Lampung. Pusat Perpustakaan mengemban fungsi dan tugas bersama-sama dengan unit lain dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yang dijabarkan dalam kegiatan sehari hari melalui kegiatan menghimpun, menyeleksi, mengolah, merawat, serta melayani dan menyediakan sumber informasi kepada sivitas akademika Politeknik Negeri Lampung khususnya dan masyarakat pada umumnya..

Pusat Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung, telah berdiri sejak Politeknik Negeri Lampung didirikan dan masih bernama Politeknik Pertanian Bandar Lampung dalam pembinaan Universitas Lampung, tepatnya tanggal 7 Nopember 1992, kemudian dikukuhkan dalam perubahan tatakelola institusi dan kemandirian Politeknik Negeri Lampung sesuai Kepmendiknas Nomor 140/O/2002, meskipun pada saat itu belum menunjukkan aktivitas yang standar menurut Ilmu Perpustakaan. Kendala ini disebabkan: ;

  • Belum adanya tenaga ahli di bidang ilmu perpustakaan
  • Belum memiliki koleksi yang memadai dan
  • Belum memiliki sarana dan prasarana yang dapat menunjang aktivitas perpustakaan secara baik

Pada tahun 2004, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Lampung No: 032/NO7/KPTS/ 2004, UPT Perpustakaan dan UPT Komputer yang pada awalnya berdiri tersendiri kemudian disatukan menjadi UPT Informatika dan komputerisasi (UPT-Infokom).

UPT Infokom Politeknik Negeri Lampung, memiliki unit pelayanan (institutional support system) di bidang Informatika dan Komputerisasi dan membwahi beberapa unit kerja yang terdiri atas (1) Pusat Perpustakaan, (2) Pusat Bahasa, (3) Pusat Komputer, (4) Pusat Media Pembelajaran dan (5) Bengkel Komputer, serta diberikan kewenangan mengelola WEB, sistem Internet dan intranet (LAN) Politeknik Negeri Lampung

Sejak 1 Oktober tahun 2009, UPT Pusat Perpustakaan kembali dipisahkan dari UPT Infokom sebagai unit tersendiri dalam bentuk unit pelaksana teknis perpustakaan (UPT Pusat Perpustakaan), dikuatkan dengan SK Direktur Politeknik Negeri Lampung Nomor 062/K6/KP/2010. Pusat Perpustakaan Politeknik Negeri Lampung, sejak tahun 1992 melakukan penambahan koleksi bahan kepustakaan secara rutin setiap tahun melalui anggaran program Hibah Dikti (Due-Like) maka sejak saat ini perpustakaan Politeknik Negeri Lampung terus berkembang pesat, baik dalam penambahan koleksi bahan kepustakan maupun sarana prasarana yang diperlukan sebagai perpustakaan di suatu institusi pendidikan tinggi. Dengan demikian, fungsi dan tugas suatu perpustakan sebagai wahana sumber informasi ilmu pengetahuan civitas akademika (Penagajar, Karyawan, Mahasiswa dan Alumni) dapat dilakukan dengan baik. Adapun sumber informasi ilmu pengetahuan yang disediakan di perpustakaan mencakup bidang yang terkait dengan Program studi binaan Politeknik Negeri Lampung..